Kegiatan Pembangunan Desa Pasir Sakti

  • 14 January 2019
  • Dibaca: Pengunjung
http://pasirsakti-lampungtimur.desa.id/upload/2019/01/drainase.jpg

Pasir Sakti.14-01-2019 
Kegiatan program  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) merupakan nawacita Presiden Republik Indonesia. Melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi program P3MD itu direncanakan, dilaksanakan dan dapatkan hasil kerjanya dilaporkan.
Menteri Keuangan mengalokasikan Dana Desa (DD) sumber anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk biaya kegiatan.

Desa Pasir Sakti Kecamatan Pasir Sakti dikepalai Oleh Suwarto yang merupakan diantara penerima kucuran Dana Desa 2018. Untuk melaksanakan kegiatan P3MD di Desa Pasir Sakti, maka dibentuk tim pengelola kegiatan (TPK) diketuai oleh Ovanani.

Kepala Desa Pasir Sakti Kecamatan Pasir Sakti, Suwarto atas nama Pemerintahan Desanya dan masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih.

"Atas nama Pemerintahan Desa dan masyarakat kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah atas kucuran Dana Desa ini. Karena hasil pembangunannya sangat dirasakan bermanfaat bagi masyarakat. Baik itu pembangunan saluran drainase, gorong - gorong plat, jambanisasi, sanggar seni dan penomoran rumah",kata Suwarto Minggu, 6/1.

Suwarto berharap agar Dana Desa dapat ditingkatkan, proses pembuatan pelaporan dan pencairan Dana Desa dapat lebih dipermudah.

"Saya harap nilai Dana Desa dapat lebih ditingkatkan, untuk proses pembuatan laporan dan pencairan dapat lebih dipermudah",harapannya.

Pelaksanaan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan di Desa Pasir Sakti dijadikan pilot project oleh Dinas Pemberdayaan Pemerintahan dan Masyarakat Desa Kabupaten Lampung Timur.

"Sejak Dana Desa disalurkan tahun 2015, pembangunan di Desa Pasir selalu ditunjuk Dinas PMD Lamtim jadi pilot project. Sebenarnya keinginan saya supaya bisa merata jadi semua Desa punya kesempatan. Namun meskipun demikian saya berharap mutu pembangunan sama".

Menurut Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Pasir Sakti, Ovanani, Dana Desa telah digunakan dan dimanfaatkan untuk kegiatan program pembangunan.

"Pembangunan saluran drainase dengan volume 1.532 meter dan biaya senilai Rp. 420,520,600.- Pembangunan MCK jambanisasi dengan volume 71 unit dan biaya senilai Rp. 112,740,500. Pembangunan gorong - gorong 5 unit dan biaya senilai Rp. 33,637,000.
Pembangunan sanggar seni dengan volume 1 unit dan biaya senilai Rp.230,257,900. Penomoran rumah dengan volume 828 unit dan biaya senilai Rp.28,980,000.",kata OFanani.
(WR)